Sumber Daya Alam

Sumber Daya Alam (SDA) adalah semua kekayaan alam berupa benda mati maupun makhluk hidup yang terdapat di bumi, yang berguna bagi manusia baik secara langsung maupun tidak langsung.  Di dalam  sumber daya alam ada komponen biotik  seperti  hewan, tumbuhan, dan mikroorganisme, selain itu ada komponen abiotik yang seperti minyak bumi,  berbagai jenis logam, gas alam, air, dan tanah.

            Proses terbentuknya SDA di Indonesia disebabkan oleh berbagai faktor, antara lain:

  1. Secara astronomis, Indonesia terletak di daerah tropik dengan curah hujan tinggi menyebabkan aneka ragam jenis tumbuhan dapat tumbuh subur.
  2. Secara geologis, Indonesia terletak pada pertemuan jalur pergerakan lempeng tektonik dan pegunungan muda menyebabkan terbentuknya berbagai macam sumber daya mineral yang potensial untuk dimanfaatkan.
  3. Wilayah lautan di Indonesia mengandung berbagai macam sumber daya nabati, hewani, dan mineral antara lain ikan laut, rumput laut, mutiara serta tambang minyak bumi.

            Pada dasarnya alam memiliki sifat yang beraneka ragam, namun serasi dan seimbang. Oleh karena itu, perlindungan dan pengawetan alam harus terus dilakukan untuk mempertahankan keserasian dan keseimbangan. Semua kekayaan yang ada di bumi, baik biotik maupun abiotik, yang dapat dimanfaatkan untuk kesejahteraan mnusia merupakan sumber daya alam. Tumbuhan, hewan, manusia, dan mikroba merupakan sumber daya alam hayati, sedangkan faktor abiotik lainnya merupakan sumber daya alam nonhayati. Pemanfaatan sumber daya alam harus diikuti oleh pemeliharaan dan pelestarian karena sumber daya alam bersifat terbatas.

                 Pandangan orang dalam memenuhi kebutuhan hidupnya memang berbeda- beda karena antara lain dipengaruhi oleh faktor ekonomi, pertimbangan kebutuhan, sosial budaya, dan waktu. Semakin tinggi tingkat pemenuhan kebutuhan  untuk kelangsungan hidup, maka semakin baik pula mutu  hidup. Derajat pemenuhan kebutuhan dasar manusia dalam kondisi lingkungan disebut mutu lingkungan.

                             Sedangkan ketersediaan sumber daya alam untuk memenuhi kebutuhan dasar, dan tersedianya cukup ruang untuk hidup pada tingkat   kestabilan social tertentu disebut daya dukung lingkungan. Daya dukung lingkungan ialah kemampuan lingkungan untuk mendukung perikehidupan semua makhluk hidup.  Penyebaran sumber daya alam di bumi ini tidaklah merata letaknya.

Agar pemanfaatan sumber daya alam dapat berkesinambungan, maka tindakan eksploitasi sumber daya alam harus di sertai dengan tindakan perlindungan. Pemeliharaan dan pengembangan lingkungan hidup harus dilakukan dengan cara yang rasional antara lain sebagai berikut :

  1. Memanfaatkan sumber daya alam  yang dapat diperbaharui dengan hati-hati dan efisien , misalnya air, tanah, dan udara.
  2. Menggunakan bahan pengganti , misalnya hasil metalurgi (campuran)
  3. Mengembangkan metoda  menambang dan memproses yang efisien, serta pendaur ulangan (recycling)
  4. Melaksanakan etika lingkungan berdasarkan falsafah hidup secara damai dengan alam.

sumber : makalah penulis

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s

Atas ↑

INFO LENGKAP TES TOEFL IBT

Panduan dari Pengalaman

Menjadi Seorang Pendidik Muda

Mari Kita Ukir Senyum Indonesia Tercinta

GriyaTawang

- a personal scribble -

Sahabat Disabilitas

Removing barriers to create an inclusive and accessible society for all

%d blogger menyukai ini: